NAB HARIAN

Cara Efektif Kelola Keuangan Bagi Anak Muda

Financial planning adalah teknik pengelolaan keuangan secara terencana untuk mencapai tujuan hidup setiap individu. Bagi setiap individu, tujuan keuangan yang ingin dicapai akan berbeda - beda, financial planning juga salah satu cara dibutuhkan demi menghindari kondisi keuangan yang buruk terjadi di masa depan.

Bagi generasi saat ini, financial planning menjadi tantangan yang cukup berat untuk diwujudkan, hal tersebut tidak dapat dilakukan langsung secara instan untuk mencapai tujuan keuangan yang baik dan financial freedom. Generasi Millennial dan Gen-Z dinilai sulit untuk mengatur keuangan karena kebiasaan gaya hidup yang cukup konsumtif.

Berbagai godaan produk melalui e-commerce serta gaya hidup yang konsumtif merupakan tantangan terbesar di tengah-tengah kemajuan teknologi sehingga membuat generasi saat ini sulit mengatur keuangan. Financial planning sendiri sangat bermanfaat bagi masa depan jika mulai diterapkan sejak dini agar dapat mencapai kestabilan finansial untuk masa depan.

Financial planning juga dapat bermanfaat untuk menentukan skala prioritas dalam mengeluarkan uang. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai financial planning yaitu dengan mengatur cash flow yang ada dan mulai menabung, meminimalisir hutang dalam segala bentuk dan mulai investasi untuk masa depan.

Salah satu investasi yang cocok bagi pemula dan minim risiko, yaitu reksa dana pasar uang. Adapun bagi nasabah pemula bisa memulai investasi reksa dana pasar uang MNC Asset Management, yakni MNC Dana Lancar dengan return 4,37% p.a net dan MNC Dana Syariah Barokah dengan imbal hasil 4,00% p.a net melalui tautan www.motionfunds.id