NAB HARIAN

Mulai Investasi Syariah Lewat Reksa Dana? Kenapa Enggak

Memulai investasi untuk masa depan adalah rencana finansial yang harus dimiliki setiap individu. Investasi dan menabung merupakan dua hal penting dalam keuangan yang harus dipahami dan diterapkan sejak dini. Pentingnya menabung maupun investasi dapat dirasakan untuk masa depan, terutama di hari tua nanti. Berkaitan dengan investasi dan menabung faktanya masih ada beberapa masyarakat yang menganggap kedua hal tersebut sama. 

Nyatanya menabung dan investasi memiliki fungsi yang berbeda, menabung memiliki fungsi sebagai alokasi dana cadangan dan investasi merupakan kegiatan penanaman modal. Keduanya memiliki manfaat untuk tujuan finansial yang baik bagi setiap individu.  Tabungan biasanya disimpan dalam rekening yang mudah digunakan setiap waktu, sedangkan investasi merupakan penanaman modal untuk mendapat keuntungan dan memiliki jangka waktu tertentu sesuai instrumennya. 

Beberapa pilihan instrumen investasi seperti properti, saham, logam mulia, obligasi dan lain sebagainya. Umumnya investasi digunakan untuk mencapai target finansial yang besar seperti dana pensiun. Selain itu menabung dapat dilakukan secara manual dan melalui produk dari bank seperti deposito berjangka. Di zaman sekarang menabung dan berinvestasi sudah cukup mudah dilakukan karena adanya aplikasi digital yang memudahkan para nasabah. 

Masyarakat yang ingin mulai berinvestasi dapat memulai investasi di instrumen reksa dana. Investasi reksa dana merupakan investasi yang paling cocok bagi para pemula yang ingin mencoba berinvestasi. Reksa dana pasar uang memiliki indikasi risiko yang minim karena adanya diversifikasi aset dan juga sangat mudah untuk dicairkan. Selain itu reksa dana juga dapat dibeli dengan modal yang sedikit, bahkan mulai dari RP100.000 lewat aplikasi online.

Beberapa jenis reksa dana yang dapat dibeli yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Bagi para masyarakat yang masih takut investasi karena riba dapat memilih jenis reksa dana syariah. Reksa dana syariah tidak mengandung unsur - unsur yang dinilai tidak sesuai dengan syariat islam. Efek yang diinvestasikan pada reksa dana syariah pun berbeda dengan reksa dana konvensional seperti tidak adanya perusahaan rokok, minuman keras dan sejenisnya. 

Reksa dana syariah juga memiliki fitur cleansing, yang artinya pembersihan keuntungan dari pendapatan yang tidak sesuai syariat islam. Bagi para calon investor yang ingin mencoba berinvestasi di reksa dana syariah, MNC Asset menyediakan jenis reksa dana syariah yaitu MNC Dana Syariah Barokah yang memiliki indikasi imbal hasil 4,03% net p.a berdasarkan NAB per tanggal 09 Oktober 2023. Nasabah bisa membeli reksa dana pasar uang tersebut via website motionfunds.id.