NAB HARIAN

Pacu Tumbuhnya Smart Investor, MNC Sekuritas Cabang Malang Gelar Sekolah Pasar Modal

Jakarta, 26 Maret 2022 - Pasar modal di Indonesia yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu, menjadikan hal yang mulai dilirik oleh masyarakat, menurut data BEI tahun 2021 saat pandemi terjadi pertumbuhan investor sebanyak lebih dari 50% atau hingga 7,5 juta investor per Desember 2021. Pasar modal sendiri memiliki peranan penting bagi perekonomian suatu negara, karena pasar modal mempunyai fungsi sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor).

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang pasar modal dan pentingnya investasi ke masyarakat, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui MNC Sekuritas Cabang Malang dan MNC Asset Management (MNC AM) bersama BEI Kantor Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan webinar Sekolah Pasar Modal pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Asikin Ashar sebagai perwakilan dari BEI Kantor Wilayah Jawa Timur menjelaskan, “Investasi saat ini sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, bukan lagi sebagai pilihan, karena investasi sebagai langkah persiapan untuk di masa pensiun.”

Pada webinar tersebut, Chief Marketing Officer MNC AM sekaligus sebagai narasumber Dimas Aditia Ariadi, menjelaskan tentang pentingnya menjadi smart investor sebelum melakukan aktivitas investasi. “Jadilah smart investor, dengan pahami dulu profil risiko dan jangka waktu investasi. Bapak dan Ibu jangan tergiur dengan investasi bodong, cek 2L (legal dan logis),” ujar Dimas.

Dimas juga mengatakan, “Sebelum melakukan pembelian reksa dana, lihat dulu detail fund fact sheet produknya, seperti nilai aktiva bersihnya berapa, bank kustodian-nya, dan juga kinerja produknya.”

Adapun produk rekomendasi untuk investor pemula yaitu reksa dana pasar uang (MNC Dana Lancar) dengan indikasi return 4,35% p.a & reksa dana pendapatan tetap (MNC Dana Likuid) dengan indikasi return 7,72 % p.a (NAB per tanggal 25 Maret 2022). Kedua produk tersebut dapat dibeli melalui APERD MNC Sekuritas yaitu melalui aplikasi MotionTrade yang bisa diunduh via website www.motiontrade.id atau App Store & Google Play.